Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Cari Blog Ini

13 November 2007

Mencurikah Anda?

Pernahkan Anda membayangkan bagaimana rasanya setelah berhasil mencuri sebuah mobil Honda Jazz? Wah pasti kita langsung kaya! Bisa kita jual mobil itu, atau buat gaya-gaya-an. :) Tapi sebenarnya Anda mungkin ga pernah membayangkan hal itu. Ngapain ya membayangkan hal yang jelek, mencuri. Membayangkan saja tidak, apalagi melakukan! Eh...btw Anda punya komputer di rumah ga? Punya ya...trus, windowsnya windows apa? Mungkin sebagian besar Anda menjawab windows xp professional. Wah hebat, mempunyai software seharga 1.5 jt. Trus pake microsoft office kan? Oh tenta saja, klo enggak pake apa donk? Top deh...sekarang komputer Anda memiliki aset software seharga 2 jt. Trus, Anda merasa pernah membeli software-software itu tidak? Gak tau ya dulu udah ada tuh. Hehehehe... Jika Anda tidak pernah membeli software tetapi di komputer Anda terdapat software, maka berarti ada kemungkinan:
  1. Software tersebut gratis, jadi Anda tidak perlu membayar, cukup donload dari Internet atau copy dari teman Anda.
  2. Software tersebut adalah software berbayar, tapi Anda membajak-nya. (Mungkin bukan Anda yang membajak, tetapi Anda ikut menggunakannya :) )
Jadi, sangat mungkin Anda masuk kategori 2, karena Anda tidak pernah membeli dan software itu bernama "Microsoft Windows" dan atau "Microsoft Office". Jadi membajak donk. Sedangkan pembajakan sama dengan pencurian, dan itu sama dengan mencuri sebuah HP Nokia N90

Beda lagi jika Anda seorang programmer database yang ber platform microsoft. Minimal Anda butuh Microsoft Visual Studio 6.0, kemudian Ms. SQL Server. Jika kedua software tersebut bajakan, maka pundi-pundi curian bertambah sebesar: 29jt (9 jt dan 20 jt)
Lebih ekstrim lagi jika anda programmer yang membuat aplikasi hebat-hebatan untuk Enterprise, maka dibutuhkan Microsoft Visual Studio .NET. Mungkin servernya perlu juga menggunakan Oracle. Wah, totalnya menjadi 11jt untuk VS.NET dan 100jt untuk oracle. Jadi total sekitar 140jt
Hii mengerikan ya...ternyata kita (saya juga) pernah menjadi pencuri, atau malah masih mencuri??
Trus gimana donk? Kita ga bakal bisa membeli software-software tersebut!
Open Source!! Itu jawabannya.
Hampir semua software standart di windows mempunyai padanan. Contoh, kita dapat menggunakan Open Office sebagai pengganti Microsoft Office. Untuk OS (Operating System), kita dapat menggunakan Linux yang tersedia dalam beberapa tipe. Memang tampilan tidak akan sama persis, tapi fungsionalitasnya boleh di adu!
Bagi kita yang berprofesi sebagai programmer, Java bisa dijadikan pilihan. Java sangat bersifat OOP dan mendukung aplikasi enterprise. Memang lebih sulit, tapi di Internet tersedia ribuan, bahkan jutaan source code gratisan. Ada juga .NET versi open source, atau juga delphi yang open source, namun mungkin fungsionalitasnya kurang dibanding versi aslinya.
Dalam segi database, postgres gak kalah garang dibanding oracle atau SQLServer.
Masih mau mencuri??? :)

Jika ingin mengetahui Open Source untuk software anda, kunjungi : http://www.osalt.com/

Tidak ada komentar: