Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Cari Blog Ini

30 Januari 2018

AOS Crash setelah membuat view

Lagi mau buat inquiry baru di AX, dimulai dengan membuat Query-nya, kemudian dimasukkan ke view baru. Tapi tidak seperti biasanya! Jika biasanya di data source nya bisa di lihat struktur query nya. Hmm, dicoba synchronize dan compile tetap tidak bisa muncul.

Akibatnya saya ga bisa memilih field untuk ditampilkan di view itu. Kemudian saya pilih field yang sudah tersedia (standart, seperti recId, createdBy), dan disimpan. Dan...AX nya muter-muter proses...lamaaaa, dan akhirnya putus. Wow! Cek di server nya, ternyata mati service nya. Dicoba start lagi, ok bisa nyala. Terus coba buka view yang bermasalah tadi. Belum sempat buka viewnya, baru buka tree node view ax nya hang lagi dan mati.

Browsing2 di internet, nemu ini:
https://dynamicsuser.net/ax/f/developers/74092/how-to-delete-form-without-clicking-on-it?pi2195=1



Sepertinya secara tidak sengaja membuat view itu menjadi circular reference. Trus solusinya? Setelah browsing2 lagi, ketemulink ini:
https://dynamicsuser.net/ax/f/developers/65072/aos-crashing-again-and-again-after-creating-a-query-and-a-view-help-me


Saya langsung saja eksesuksi via database, karena memang nama view nya juga tidak ingat betul. Pertama saya perlu tau element pastinya. Saya query dulu elememnt yang dibuat pada tanggal 29 Jan 2018 oleh saya:

select * from modelelementdata where CreatedDateTime >= '2018-01-29'

Dari situ saya dapat ElementHandle nya. Kemudian saya cek di tabel ModelElement

select * from ModelElement where ElementHandle IN( 984094,984098,984101,984102,984103,984105)

Disitu terlihat view yang bermasalah dan field-fieldnya. Akhirnya saya hapus langsung ModelElement dan ModelElementData atas view yang bermasalah itu.

Dan Alhamdulillah, AX kembali seperti sediakala.

Note: Kejadian ini berlangsung di AX Development, bukan Production. Jadi jikapun gagal, saya masih ada opsi restore database. Jika ada yang mencoba cara ini namun ternyata tidak sesuai, maka resiko ditanggung sendiri.

Tidak ada komentar: