Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Cari Blog Ini

26 April 2008

Jika Surabaya di Bom Atom

Iseng-iseng saya baca di wiki tentang kedasyatan Bom Atom (Little Boy) yang di jatuh kan di Hiroshima. [Wiki].
Bom ini berukuran panjang 3 meter, lebar 70 cm dan berat 4 Ton, dengan bahan bakar Uranium 253 sebanyak 64 Kg.
Bom ini di jatuhkan di Hiroshima pada 6 Agustus 1945 di pagi hari. Bom diledakkan pada ketinggian 580 meter di atas tanah.
Efek dari bom ini sangat megerikan. Ketika meledak, akan dihasilkan udara panas dari sinar-x yang menyebar kesegala arah dengan kecepatan suara. Hampir semua bangunan pada range 1.6 Km dari pusat ledakan, rata dengan tanah. Pada radius itu, kekuatan tekanan bom adalah 324 Kg/meter persegi.



Selain itu, efek utama dari bom atom adalah cahya yang sangat menyilaukan yang disebabkan panas dari udara. Bom atom ini menghasilkan bola api dengan diamter hampir 400 meter. Dari pusat ledakan, semua benda yang dapat terbakar langsung terbakar, tubuh manusia langsung menguap tanpa bekas, bahkan ada korban manusia yang hanya meninggalkan bayangan hitam di dinding.

Saat ledakan ada orang berdiri di samping dinding ini

Nah setelah membaca artikel tersebut, bagaimana kira-kira jika kota Surabaya di serang oleh Little Boy?
Diameter area penghancuran adalah 3 Km, dan besar bola api adalah 370m. Jika bom diledakkan tepat di atas Tunjungan Plaza, maka besarnya bola api menutupi seluruh komplek Tunjungan Plaza.

Area merah adalah besarnya Fireball


Dari pusat ledakan ini, gelombang panas dengan kekuatan 324Kg/meter persegi melaju dengan kecepatan suara ke segala arah dengan radius 1,2 Km. Arah selatan kira-kira sampai di Konjen US, kemudin ke arah timur sampai Kantor PDAM (sebelah stasiun Gubeng). Di sisi utara, efek ledakan maksimal akan sampai di Tugu Pahlawan. Sedangkan sisi barat, kerusakan maksimal akan sampai di daerah Petemon Kali.


Area dengan dampak kehancuran maksimal

Bayangkan berapa juta jiwa korban yang akan jatuh? Little Boy adalah bom atom yang kekuatannya lebih lembah dibanding Fat Man (yang dijatuhkan di Nagasaki) dan sangat lebih lemah dibanding senjata nuklir generasi sekarang!!!

Tidak ada komentar: