Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Cari Blog Ini

16 April 2008

Bug dasar di Jasperserver 2.1 (?)

Saya dapat laporan dari user di Denpasar, bahwa jasperservernya tidak bisa mengakses halaman 2. Saya bingung apa maksudnya, masa tidak tau cara "next page". Di test dari komputer saya ternyata bisa Next, Prev, First ataupun Last.
Trus saya remote ke computer client, dan teryata tombol navigator (Next, Prev, dll) yang tidak muncul! Ada apa ini. Coba pake komputer lain dengan filter yang sama ternyata tidak keluar juga.

Gambar tampilan jasper tanpa tombol navigasi

Setelah saya coba dan amati, ternyata hal itu terjadi jika halaman yang dihasilkan adalah 2. Jika halaman yang dihasilkan lebih dari 2 maka tombol navigasi akan muncul. Berdasarkan fakta itu, maka sepertinya masalahnya di proses menampilkan report di web nya (bukan di iReport nya), jadi harus di lihat source code nya.
Code untuk proses menampilkan report ada di file DefaultJasperViewer.jsp dan saya mendapatkan:

<c:if test="${lastPageIndex > 1 or configurationBean.paginationForSinglePageReport}">

Kesalahannya adalah ${lastPageIndex > 1 padahal halamannya di mulai dari halaman 0. Jadi jika total halamannya 2, maka ${lastPageIndex} = 1 sehingga alurnya tidak masuk ke dalam "if", padahal alur ini menentukan apakah tombol navigator ditampilkan atau tidak (saat halaman hanya 1 maka tombol navigator tidak ditampilkan).

Saya ganti code diatas dengan

<c:if test="${lastPageIndex > 0 or configurationBean.paginationForSinglePageReport}">

dan berhasil!

Gambar tampilan jasper setelah di perbaiki

Pertanyaannya: Apakah bug seperti ini layak muncul di stable relase?

Tidak ada komentar: