Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Cari Blog Ini

03 April 2008

Misteri Susu beracun

Dari milis tentang anak saya mendapat info bahwa beredar sms yang menyebutkan merk susu yang terkontaminasi bakteri. Tapi saya tidak langsung percaya karena info hanya dari sms, itu pun bukan langsung saya yang di sms :) Pesan sms:
INFO: DR Sri Estuningsih paneliti penemu bakteri Enterobacter Sakazakii akhirnya buka mulut,
bahwa susu yang terkontaminasi adalah: Bebelac, Dancow, Bendera, S26 & SGM2.
Untuk bubur product SUN
Jika informasi benar, maka 4 produsen susu "terlibat" : Nutricia, Dancow, Bendera, dan Wyeth. Wah...wah...wah mengerikan sekali. Tapi semuanya sangat belum terbukti, mungkin saja itu hanya sms dari kompetitor ke-empat produsen susu tadi, ya seperti Chilmil. :)

Update: 19 Maret 2008

Jumat, 14 Maret 2008

Dr Sri Estuningsih, Peneliti Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang meneliti Makanan dan Susu Formula Bayi Terkontaminasi Enterobacter sakazakii mengatakan, pesan singkat atau short message service (sms) dan pemberitaan yang menyatakan bahwa dirinya sudah membeberkan nama-nama merek susu di mailinglist itu tidak benar adanya. Hal ini disampaikan pada saat wawancara dengan wartawan dan tim Pariwara IPB, Kamis (6/3) di ruang kerjanya, Fakultas Kedokteran Hewan, Kampus IPB Darmaga, Bogor.

Menurutnya, pemberitaan di mailinglist dan pesan singkat itu bisa dilacak keberadaan sumbernya oleh ahlinya di bidang tersebut. "Kelihatanya itu adalah sms berantai, namun itu bisa dilacak siapa yang pertama kali memberitakan berita tersebut dan dimintai pertanggungjawab atas perbuatannya itu," ujar Dr. Estu. Menurutnya, yang disayangkan terkait pesan singkat berantai ini dalam waktu satu hari saja bisa menyebar ke ribuan orang, dan itu dapat menimbulkan keresahan baru bagi ibu-ibu yang memiliki bayi.

"Ya kalau ibunya siap menyikapi pemberitaan tersebut, tapi kalau tidak siap, harus cross check ke mana?," ujarnya khawatir. Memang menurutnya, ada beberapa ibu rumah tangga yang mengecek kebenaran berita itu kepada saya, namun sekali lagi saya sampaikan, bahwa berita itu tidak benar dari saya.

"Sampai hari ini sesuai dengan komitmen kami dari IPB, bahwa masalah ini sudah dijelaskan dalam roundtable beberapa waktu lalu, yang terpenting sudah dinyatakan bahwa BPOM sedang melakukan penelitian terbaru," katanya. (man)

Jadi makin gelap....jauh...hilang...
Ah, tidak tau lah. Koq masalahnya jadi sulit begini ya? Tidak seperti kasus minuman energi yang mengandung bahan pengawet dulu. Dimana pemerintah langsung tegas mengatakan apa mereknya dan langsung ditarik dari peredaran. Wah pasti masalah tarik-ulur dengan produsen susu. Dengar-dengar sih bisnis makan bayi adalah bisnis yang sangat menggiurkan....
Pertanyaan: Apakah kita telah merdeka????

Update Rabu, 2 April 2008 - 14:49 wib
Fiskal & Moneter
Ketua BPOM: Susu Bayi Bebas Bakteri
Nuria - Okezone


JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) secara resmi menyatakan tidak ada susu bayi yang terkontaminasi bakteri berbahaya.

Ketua BPOM Husniah Rubiyana Thamrin Akib mengatakan, pernyataannya itu dilontarkan setelah dilakukannya penelitian pada susu formula bayi yang memiliki izin edar dari BPOM.
Semoga tidak ada hal-hal yang ditutup-tutupi amin...

Tidak ada komentar: