Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Cari Blog Ini

14 September 2011

Mengkonfigurasi MRTG

Di sela mengurusi Adempiere ERP saya sempatkan untuk berusaha memasang MRTG pada beberapa server kantor. Penyebabnya adalah karena akhir-akhir ini sering kali ada masalah pada jaringan, dan sulit menemukan penyebabnya karena minimnya network monitoring yang ada. Sebelumnya sebenarnya sudah ada MRTG, namun sejak Admin Linux keluar, mrtg tersebut tidak aktif (dan tidak ada yang melihat).

Kemudian saya coba aktivkan lagi dengan mengaktivkan web servernya. Ternyata bisa, namun data yang masuk tidak benar. Hal ini terjadi kemungkinan karena device yang telah ganti. Jadi harus di re-configure. Karena benar-benar awam sekali, maka saya coba configure mrtg untuk server mail. Dengan bantuan berbagai situs di internet, saya coba lakukan cfgmaker



cfgmaker --global 'WorkDir: /var/www/html/mrtg' --global 'Options[_]: growright,bits' xxxxx@xxx.xxx.xxx.xxx --output emailserver.cfg



Ternyata hasilnya: 
SNMP Error:
no response received

Hal ini menandakan MRTG tidak dapat mengakses SNMP dari target. Untuk itu perlu di cek apakah service SNMP nya telah menyala pada target. Ternyata pada target servicenya mati. Untuk itu saya coba nyalakan dengan 
service snmpd start
ps ax |grep snmp
14985 ?        S      0:00 /usr/sbin/snmpd -s -l /dev/null -P /var/run/snmpd -a
netstat -pln | grep snmpd
tcp        0      0 0.0.0.0:199             0.0.0.0:*               LISTEN      14985/snmpd
udp        0      0 0.0.0.0:161             0.0.0.0:*                           14985/snmpd

Sekarang coba lagi melakukan proses cfgmaker ternyata tidak ada pesan error. Cek apakah ada file yang dihasilkannya (emailserver.cfg) 
Kemudian jalankan mrtg nya:
mrtg /etc/mrtg/emailserver.cfg
Cek di folder /var/www/html/mrtg, ternyata tidak ada file apa pun. Harusnya pada folder ini akan muncul beberapa file yang ber ekstensi png. Berarti tidak perhasil prosesnya.
Bersama pak Wahyu, kita coba mencari penyebabnya, kata pak wahyu kemungkinan itu masalah di snmp nya. Jadi MRTG tidak berhasil mendapatkan info dari SNMP target. 
Saya coba lakukan snmpwalk (tools untuk membaca info snmp)
snmpwalk -v 1 -c xxxxx xxx.xxx.xxx.xxx system
Ternyata ada hasilnya. Yang menandakan fungsi snmp pada target telah berjalan. Saya sampaikan ini ke pak Wahyu, beliau bilang ya mungkin fungsi yang dibutuhkan MRTG tidak berjalan. Kemungkinan pada setting snmpd.conf nya. Hal ini juga dapat dilihat di hasil file configurasinya, dimana file itu hanya berisi sampai baris dibawah ini, padahal pada file konfigurasi lama ada banyak baris lain.

EnableIPv6: no
WorkDir: /var/www/html/mrtg
Options[_]: growright,bits

######################################################################
# System: xxxxxxxx
# Description: xxxxxxxxxxxxx #1 SMP Thu Mar 13 17:45:54 EST 2003 i686
# Contact: MIS
# Location: Surabaya
######################################################################

 Karena saya buta masalah snmp maka saya ga bisa cari tau apa yang salah pada file setting snmp. Saya hanya coba cari di internet. Namun hasilnya masih nihil. Dikarenakan jam kantor telah usai, maka saya simpan dulu masalah ini sampai besok.
Esoknya (hari ini), saya coba lagi mencari tau apa yang salah dari configure MRTG kemarin. Kali ini saya coba fokus pada snmp. Baca-baca mengenai snmp tambah bingung 
Nah ketika mencoba cari-cari lagi tutorial install + config MRTG nemu blog ini:

Wah disitu dijelaskan mengenai setting pada snmpd.conf. Diperlukan penambahan item seperti dibawah ini:
com2sec public default public
group public v1 public
group public v2c public
group public usm public
view all included .1
access public “” any noauth exact all none none

So saya coba tambah itu. Kemudian restart service snmpd. 
Jalankan cfgmaker lagi. Cek file hasil config, hasil lengkap tidak seperti sebelumnya. 
Saya coba jalankan mrtg nya, ternyata berhasil!

Jangan lupa jalankan indexmaker untuk menggenarete index.hml
indexmaker --output=/var/www/html/mrtg/index.html /etc/mrtg/mrtg.cfg







Tidak ada komentar: