Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Cari Blog Ini

23 Juni 2009

Setting Environment untuk Customisasi Adempeire

Selama ini setiap kali ada customisasi di adempiere, saya selalu compile ulang seluruh source. Padahal customisasi hanya di satu class.
Di adempiere telah mensuport hal tersebut. Telah di sediakan 2 penampung customisasi yaitu: customization.jar dan patches.jar. Jika kita lihat source dari Adempiere.bat atau Adempiere.sh, maka urutan prioritas class-class nya adalah:
Customization.jar kemudian Pathces.jar dan baru Adempiere.jar
Maksudnya, jika class MProduct ada di Customization.jar maka di Adempiere.jar tidak dipakai

Untuk membuatnya, tinggal buat new project. Kemudian built path nya di tambah project Adempiere aslinya. Copy kan source yang akan dicustom. Ingat path folder dan package nya di buat sama sesuai dengan aslinya.

Compile dan debug nya seperti biasa karena sudah ada referensi dari project aslinya. Untuk menjadikan JAR tinggal di export ke jar. Kemudian replace Customize.jar yang ada di direktori /lib.

Setup ulang adempiere anda, dan siap digunakan.
Jika tidak maka akan muncul error ketika class baru digunakan.

Source:
http://www.adempiere.com/index.php/Create_your_ADempiere_customization_environment

3 komentar:

BrosNiezt mengatakan...

"Selama ini setiap kali ada customisasi di adempiere, saya selalu compile ulang seluruh source. Padahal customisasi hanya di satu class"

Pak mau tanya, ini caranya bagaimana yah, mengcompile keseluruhan source code adempiere tersebut ?, saya ada source code yang sudah di modif tapi bingung bagaimana caranya untuk menjadikannya file yang bisa di eksekusi, seperti yang kita tau bahwa adempiere itu terdiri dari beberapa folder dan ada 2 file .exe dan .sh

Gue!Shindu mengatakan...

Untuk compile seluruh source ada di folder Utils_Dev trus jalankan file RUN_build.bat jika di windows atau RUN_build.sh jika di linux.

Setelah proses build selesai, maka akan muncul folder Adempiere yang isinya Adempiere Server. Untuk menjalankan tinggal di install dengan menjalankan perintah RUN_setup.bat kemudian jalankan RUN_Adempiere.bat

BrosNiezt mengatakan...

Wow fast response, thanx yah pak shindu, ini sangat membantu.