Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Cari Blog Ini

05 Agustus 2010

Postgres error: libpq.so.5

pg_ctl: error while loading shared libraries: libpq.so.5: cannot open shared object file: No such file or directory

Setiap kali memindahkan directory postgres di linux maka akan muncul error diatas. Dan setiap kali pula saya minta rekan saya untuk memperbaikinya, tanpa memintanya untuk menjelaskan bagaimana mengerjakannya sendiri. Kebetulan pada suatu pagi, ada komplain server postgres tidak bisa dipakai. Setelah di cek ternyata karena HD nya penuh. Saya putuskan untuk memindah directory postgres ke partisi root, karena sisanya masih banyak. Kemudian saya pindah satu directory, dan seperti yang sudah-sudah, muncul error ketika start postgres.

Error tersebut akibat sistem tidak meneumkan file libpq.so.5 pada direcory lib (sesuai settingan LD_Library). Untuk itu coba dibuatkan soft link pada directory lib yang telah ditentukan.

Saya cari dulu posisi file aslinya:
[root@ lib]# find / -name libpq.so.5
/u01/postgres/postgresql/8.2.0/lib/libpq.so.5

Kemudian dibuat softlink ke directory /lib
ln -s /u01/postgres/postgresql/8.2.0/lib/libpq.so.5 /lib/libpq.so.5

Start postgres, beres

Tidak ada komentar: