Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Cari Blog Ini

19 November 2009

Tour de Ambarawa part 1

Tanggal 22 oktober 2009, arek2 sepur ngadain acara tour lokomotiv uap ambarawa. Wah ini kesempatan emas untuk menikmati lokomotiv uap yang masih sehat. Dah lama rasanya ingin mencoba wisata ini, tapi belum pernah sekalipun rancana yang terpikirkan.

Rekan-rekan dari Surabaya sebagian (termasuk saya) menggunakan KA Gumarang menuju Semarang. Sebagian lagi ada yang menggunakan angkutan bus. KA Gumarang berangkat pukul 5:30 dari St. Ps Turi. Sampai di Semarang pukul 23:00. Perjalanan cukup lancar, kondisi tidak terlalu ramai namun tidak juga kosong. Mungkin karena hari Jum'at, banyak orang-orang yang PJKA (Pulang Jumat, kembali Ahad).

Kami tiba di Semarang Tawang sekitar pukul 23.00 malam. Cuaca cukup cerah, namun terlihat sedikit awan mendung. Kita berharap besok cukup cerah sehingga perjalanan KA Uap tidak terganggun hujan. Sejenak kita istirahat di warung sekitar stasiun sambil menikmati gorengan.

Rasanya malam itu akan hujan karena udara terasa cukup pengap. Saya memutuskan untuk mandi di kamar mandi umum stasiun. Wah segar deh rasanya setelah perjalanan lima jam akhirnya terbasuh dinginnya air.

Kondisi stasiun Tawang tampak sepi, ya tentu lah kan tengah malam, tampak di ujung barat lokomotif BB200 dalam kondisi idle. Saya bertanya pada teman, "kenapa koq gak dipakai tapi tetap mesin menyala". Jawab teman saya, "Daripada nanti nyalain lagi susah banget mending ngorbanin solar beberapa liter". Ohhh gitu toh. Ya memang lokomotif ini termasuk lokomotif yang uzur. Saya diajak bro Dimaz untuk melihat loko itu dari dekat.

BB200 diam diantara kegelapan malam

Sambil menunggu pagi, kawan-kawan ngobrol ngalur ngidul. Ada juga yang melepas lelah dengan tidur di emperan stasiun. Selepas subuh, aktifitas stasiun mulai ramai. Beberapa rangkaian kereta api datang dari arah Jakarta. BB200 pun memulai aktifitasnya sebagai lokomotif langsir. Tapi rasa ngantuk mulai mendera. Beberapa kawan tampak terlelap di bangku-bangku kosong stasiun.

Siluet menara stasiun tawang di pagi hari


KA dari jakarta


BB200 berdinas sebagai lokomotif langsir

Selepas pukul 7 pagi, seluruh railfans telah berkumpul. Saatnya berangkat menuju Ambarawa. Dari depan stasiun tawang kita menunpang mini bus. Dengan biaya Rp 7000 kita akan sampai di museum Kereta Api sekitar satu jam.

Di museum, kami disambut oleh lokomotif uap B2503 dalam posisi telah menggandeng dua kereta kayu. Kagum rasana melihat sebuah lokomotif uap yang masih beroperasi. Seumur hidup bari kali ini melihat lokomotif uap untuk kereta penumpang. (Sebelumnya dah pernah liat/malah naik lokomotif uap untuk lori PG)

Bersambung...


B2503 menunggu penumpang

Tidak ada komentar: