Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Cari Blog Ini

11 Juli 2019

View - (View of Life) #Mata Uang

Beberapa waktu yang lalu heboh berita mata uang Venezuela terjun bebas. Hiper inflasi melanda negeri tersebut. Untuk membeli 1 ekor ayam diperlukan 14juta matauang Bolivar. Mengambil gambar dari internet, maka akan terlihat gambarannya seperti ini:
A 2.4 kg chicken is pictured next to 14,600,000 bolivars

Bandingkan dengan Rupiah. Untuk membeli ayam utuh cukup 35ribu rupiah (ayam kampung 90ribu rupiah). Berarti 400x lipat dari nilai rupiah. Selain Venezuela ada juga negara yang mengalami hiperinflasi, yaitu Zimbabwe.

Saya akan membahas masalah 400x lipat. Jika dibandingkan di USA, maka harga ayam adalah USD 2. Artinya Rupiah 17500x lipat lebih rendah. Woowww. Disinilah carapandang berperan. Kita di sodorkan gambar dimana diperlukan setumpuk uang untuk membeli seekor ayam. Mungkin saat itu satuan uang kertas tersebut kecil. Misal per 1 Bolivar. Bagimana jika satuan uang rupiah juga kecil, misal 1 lembar sama dengan Rp 1. Maka untuk membeli 1 ekor ayam diperlukan 35 ribu lembar.


Foto diatas adalah tumpulkan uang sebesar 173 milyar hasil korupsi. Terlihat banyak sekali bukan. Namun jika di uangkan menjadi dinar, maka akan didapatkan 60rb dinar.
Penampakannya akan seperti foto dibawah ini namun 3 tumpukan.
Tumpukan uang koin yang dipakai untuk membeli motor Ninja


Tidak ada komentar: