Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Cari Blog Ini

24 Mei 2008

Adempiere, open ERP

Adempeire ERP
Kenal Adempiere kira-kira setahun yang lalu. Awalnya sih "dikenalin" oleh Compiere, trus karena ternyata banyak yang bilang klo Compiere sedikit "matre" akhirnya lebih deket sama Adempiere. Malah sekarang gak berhubungan dengan Compiere lagi.

Hal sangat menarik dari Adempiere/Compiere adalah struktur programnya yang benar-benar rumit. Dengan semangat fully customized maka sangat sedikit yang terdapat di source code Adempiere, termasuk design form. Design form di lakukan secara on the fly, dan layout form di simpan di database. Jadi, jika Anda ingin melakukan perubahan pada code, lebih baik berpikir dua kali, karena satu perubahan tersebut mungkin akan mempengaruhi seluruh sistem Adempiere. Fitur-fitur Adempiere sudah hampir lengkap. Dengan meliputi Sales, Material Management, Accounting, maka tinggal modul HRD dan Manufacturing untuk menjadiakan Adempiere benar-benar ERP yang sempurna. Selain itu ada fitur Multi yaitu multi currency, multi Organization, Multi Company, Multi Price List, Multi Language, dan multi-multi lainnya.

Saat ini, perusahaan tempat saya bekerja sudah menggunakan Adempiere sebagai software penjualan. Ya, hanya sebagai software penjualan. Hal ini karena proses accounting di perusahaan ini masih belum standart, sehingga akan sulit jika di applikasikan menggunakan Adempiere. Selain itu, dengan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia maka sulit dalam melakukan kolaborasi data. Perlu di ingat, bandwidh di Indonesia masih mahal.

Beberapa masalah yang sering kita jumpai dalam penggunaan Adempiere antara lain kesalahan penggunaan oleh user. User perlu di training dengan detail. Karena user adalah pemain utamanya. Ada juga faktor teknis yang sering mengganggu. Penggunaan Posgresql di PC non server menurunkan performansi postgresql itu sendiri, yang pada akhirnya juga menurunkan performansi Adempiere. Begitu juga penggunaan PC dengan spesifikasi rendah di sisi client akan membatasi kecepatan Adempiere.

Seperti yang telah di bahas di atas, struktur kode Adempiere sangat sehingga sulit untuk melakukan trace atau debug, atau saat kita ingin mengubah code. Sebaiknya, programmer meminimalkan oprek-oprek code Adempiere. Jika ingin melakukan penambahan fitur, atau edit rule bisnis, gunakan Adempiere itu sendiri. Karena Adempiere sudah bersifat customable. Namun, jika terpaksa harus coding, lakukan coding yang aman, yaitu lewat Callout. Tapi klo tetap gak bisa? Terserah anda, yang penting berpikirlah code yang akan diubah dapat mempengaruhi seluruh sistem.

22 komentar:

Anonim mengatakan...

maju terus adempiere go.. go.. go...

My Self mengatakan...

Boss cari tutorial adempiere dimana ya rencananya kantor gue lagi mau pake...tks

Gue!Shindu mengatakan...

http://www.adempiere.com/wiki/index.php/ADempiere
Coba buka link itu, disitu wiki nya.
Emang sih belum terlalu lengkap, tapi untuk install dan lain-lain udah cukup memadai. Sedang untuk implementasi dan user manual saya sarankan membeli bukunya milik Compiere di situs compiere. Bukunya cukup bagus dan lengkap. Atau, bisa juga training adempiere tempat pak Arment, salah satu kontributor Adempiere.

Anonim mengatakan...

mas, kalo buat multi company gimana? terus kalo mau import loader dengan format query yang kita tentukan gimana? soalnya di import loader format sudah ditentukin colomnya...
terima kasih....

Anonim mengatakan...

boss, ada nih tutorial bhs indonesia nya (sebenarnya untuk compiere tapi bisa juga dipakai di adempiere) di :
http://compiereguide.blogspot.com

thx,
Surya

Gue!Shindu mengatakan...

Thx pak atas info nya.

Anonim mengatakan...

Boss cara bikin konversi gimana sih misalnya 1 carton = 100 unit
kasih tau dong langkah2nya.trims

Gue!Shindu mengatakan...

Konversi itu masuk di UOM (Unit Of Material)
Coba buka jendela UOM, pilih unit CARTON. Trus buka tab conversion, pilih UoM to menjadi UNIT, pilih produk yang dikonversi, masukkan Multiply Rate = 100 (otomatis Divide Rate menjadi 0.01)

Anonim mengatakan...

Makasi ni boss wat respon'a,tapi gw masih bingung, maksud multi rate ama divide apa sih.. tadi gw masukin multi=48 eh.. divide=0.02....,trus implementasinya di SO kalo bikin order 2 carton 10 unit. gimana boss.thx

Gue!Shindu mengatakan...

Ya spt itu memang, kan umpama 1 karton = 48 pcs, maka konversinya 1 karton di multiply dgn 48, atau dibalik, 1 pcs = 0.02 karton

Implementasi di SO ya kira2, 1 line 2 karton dan 1 line 10 unit

Anonim mengatakan...

Makasih Bung Shindu.. ente emang mantaaafss.. biar bingung tapi ente woke dah... klo jdi dokter mah gak ada pasien yg kleleran hehehe.. btw jangn bozzen yak maklum baru melek.

Gue!Shindu mengatakan...

sama2 bung...
siapa nih

Anonim mengatakan...

Pagiii Boss,ane muslim walau gk se taat Dulmatin... hehehehe. makasi banyak bos pencerhaannya. Semoga Alloh SWT membalas dengan segala kebaikan untuk anda n keluarga. btw boleh contact lewat chat gk boss, ane mau banyak tanya2 nih. (maaf kalo sibuk) maklum kemauan ada kemampuan kagak wat adempiere. tengkyuuuuuu

Gue!Shindu mengatakan...

Wah saya ga tanya agama loh :) hanya siapakah anda, dari mana. Begitu

Saya masih belajar juga koq adempiere, tanya2 via chat jg gpp, klo saya tau saya kasih tau, klo ga tau ya saya sarankan cari di Internet :D

Opencart Template mengatakan...

Terima kasih untuk info tentang ADempiere nya. Saya memang sedang mencari solusi ERP yang gratis alias tidak berbayar

al fakir illa Rabbi mengatakan...

bos, apa bisa aplikasi adempiere digunakan untuk hrd pada modul Pr-po-MR untuk penggajian. apa langsung lewat AP invoice? terimakasih atas bantuannya.. :)

al fakir illa Rabbi mengatakan...

bos, apa bisa aplikasi adempiere digunakan untuk hrd pada modul Pr-po-MR untuk penggajian. apa langsung lewat AP invoice? terimakasih atas bantuannya.. :)

Gue!Shindu mengatakan...

@al fakir
saya belum mencoba modul HR di adempiere versi mana pun. Kalau secara manual, mungkin bisa liwat cash journal?

Nurl mengatakan...

malam mas, mau tanya tentang pengalaman mas tentang turunan adempiere yaitu starprise, pernah denger kelanjutannya?

oh iya mas, menurut pengalaman masnya, kalo saya implementasikan di standalone ut mannufacturing, mendingan adempiere apa x-turple?

makasih yah.
Hormat saya, Nurul.

Gue!Shindu mengatakan...

@Nurul, saya belum pernah coba langsung starprise, dulu ga salah itu compiere ya? yang suport postgres.

Untuk implementasi manufakturing di adempiere terbaru katanya sudah suport, saya sih blm coba.

Mia Mustari mengatakan...

ada yang tau Human Resource & Payroll di adempiere ga???minta share nya dong...lagi belajar soal itu nih..makasih :)

Mia Mustari mengatakan...

ada yang tau Human Resource & Payroll di adempiere ga???minta share nya dong...lagi belajar soal itu nih..makasih :)